Rabu, 22 Februari 2017

Cairkan uang BPJS Ketenagakerjaan Tanpa E-claim

Dengan di keluarkannya aturan baru oleh pemerintah bahwa peserta BPJS Ketenaga kerjaan bisa mencairkan uang iuran BPJS tanpa harus menunggu 5 tahun hanya dengan membawa dokumen-dokumen seperti
-kartu peserta BPJS
-Kartu Keluarga
-KTP
-Buku tabungan
-Paklaring dan surat dari disnaker(biasanya dari pihak perusahaan sudah menyediakan).
Dengan dokumen tersebut langsung bisa cair dengan cara di transfer ke bank,dengan di keluarkannya aturan tersebut mengundang antusiasme masyarakat untuk mencairkan uang BPJS mereka.
Kantor pusat dan kantor cabangpun di serbu oleh para peserta yang mau mencairkan uang mereka,sehingga menimbulkan antrian yang cukup banyak dan melelahkan,sehingga banyak peserta yang mengeluh termasuk saya karna penuhnya warga mau mencairkan uang BPJS mereka,untuk mengatasi antrian yang panjak pihak BPJS pun menganjurkan para peserta untuk melakukan e-claim secara online tapi ternyata itu tidak menjadi solusi buat saya,karna susahnya (server eror)mengakses secara online ,dan saya pun bertanya kepada staff BPJS nya ,dan mereka pun memberi 2 solusi
1.Menganjurkan saya melakukan registrasi ulang secara online tetapi lewat PC (karna pertama saya melakukannya lewat smartphone) karna kalo tidak melakukan secara E -claim pihak BPJS tidak akan memproses
2.Melakukan pencairannya melalui bank BTN yang sudah di kerjasama dengan BPJS.

Tanpa banyak befikir saya pun memilih solusi no 2,setelah itu datanglah saya ke bank BTN yang sudah di tunjuk BPJS dengan membawa dokumen dokukem yang sudah saya sebutkan di atas,tak ada antrian yang penuh dan berdesak desakan ,saya berikan lah semua berkas saya dan di periksa ulang sama staff bank nya setelah dokumen lengkap semua saya di suruh pulang dan datang lagi seminggu kemudian dengan membawa matrai.
Seminggu berlalu saya datang lagi dan isi formulir dan tanda tangan di atas matrai,setelah semua beres saya di beritahu kalo semua dokumen dan persaratan sudah lengkap tinggal menunggu cair selama 7 sampe 10 hari kerja.
Dan alhamdulilah tidak menunggu 10 hari uang BPJS sudah cair,perjuangan yang panjang akhirnya berbuah manis  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar